Pasar Oligopoli
Mengenal Struktur dan Konsep Pasar Oligopoli - Pernahkah kalian mendengar istilah "pasar oligopoli"? Pasar ini berbeda dengan pasar tradisional yang ramai dengan banyak penjual dan pembeli. Dalam pasar oligopoli, hanya terdapat segelintir perusahaan besar yang mendominasi industri atau sektor tertentu.Pengertian Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah struktur pasar di mana hanya ada beberapa perusahaan yang menjual produk yang identik satu sama lain. Struktur Pasar Oligopoli adalah model analisis ekonomi yang banyak digunakan dalam mempelajari fungsi ekonomi saat ini. Para penjual menyadari saling ketergantungan satu sama lain sehingga masing-masing perusahaan memiliki akun sendiri tentang reaksi para pesaingnya.
Persaingan tidak sempurna antar perusahaan sangat tinggi, kecuali mereka mengadakan perjanjian kolusi. Secara umum oligopoli adalah suatu struktur pasar dimana jumlah perusahaan sedikit, sehingga jika terjadi perubahan output dan harga yang dilakukan oleh satu perusahaan akan mempengaruhi penjualan perusahaan pesaing secara material. Tingkat ketergantungan yang tinggi ini menciptakan ketentuan unik dalam tindakan mereka.
Karakteristik Pasar Oligopoli
Hanya ada sedikit perusahaan dalam industri (beberapa jumlah perusahaan)
Secara teoritis sangat sulit untuk menentukan berapa banyak perusahaan yang ada di pasar, sehingga dapat dikatakan oligopoli. Namun, jumlah perusahaan biasanya diasumsikan kurang dari sepuluh untuk dasar analisis. Dalam situasi tertentu, hanya ada dua perusahaan yang saling bergantung. Untuk mengetahui kekuatan sebuah perusahaan dalam industri, Anda dapat menghitung rasio konsentrasinya.Rasio konsentrasi menghitung berapa persentase output di pasar oligopoli yang dikendalikan oleh perusahaan dominan (empat hingga delapan perusahaan). Jika rasio konsentrasi keempat perusahaan (four firm konsentrasi rasio atau CR4) adalah 60%, berarti 60% output di industri dikuasai oleh empat perusahaan terbesar.
Semakin kecil CR4 mencerminkan struktur pasar persaingan sempurna yang semakin meningkat. Pasar suatu industri dikatakan memiliki struktur oligopolistik jika CR4 melebihi 40%. Kita juga dapat mengukur tingkat konsentrasi delapan perusahaan (CR8) atau beberapa nomor lainnya. Jika CR8 80%, berarti 80% penjualan output di industri dikuasai oleh delapan perusahaan terbesar.
Produk tersebut homogen atau terdiferensiasi (homogeneous or differentiated product)
Dilihat dari sifat output yang dihasilkan, pasar oligopoli merupakan transisi antara persaingan sempurna dan monopoli. Perbedaan sifat output yang dihasilkan akan mempengaruhi perilaku perusahaan dalam upaya mencapai kondisi optimal (laba maksimal).Jika dalam pasar persaingan sempurna perusahaan mengatur jumlah output (strategi output) untuk mengatur tingkat keuntungan, dalam pasar monopoli hanya satu perusahaan yang mampu mengendalikan harga dan output, maka dalam pasar oligopoli bentuk-bentuk persaingan antar perusahaan adalah persaingan harga (pricing strategy) dan non-price (non-price strategy). strategi harga).
Contoh pasar oligopoli yang menghasilkan produk terdiferensiasi adalah industri mobil, rokok, dan film. Sedangkan yang menghasilkan produk homogen adalah industri baja, baja, seng, dan kertas.
Klasifikasi ini memiliki arti penting dalam menganalisis pasar oligopolistik. Semakin besar tingkat diferensiasi, semakin independen perusahaan tersebut dari aktivitas perusahaan lain. Ini berarti bahwa oligopoli dengan produk yang terdiferensiasi dapat lebih mudah memprediksi reaksi perusahaan pesaing.
Di luar unsur modal, hambatan masuk ke dalam industri oligopoli yang menghasilkan produk homogen lebih sedikit, karena dalam industri oligopoli dengan produk yang terdiferensiasi sangat erat kaitannya dengan loyalitas konsumen terhadap produk (merek) tertentu.
Pengambilan keputusan yang saling mempengaruhi (interdependence decision)
Keputusan perusahaan dalam menentukan harga dan jumlah output akan mempengaruhi perusahaan lain, baik perusahaan yang sudah ada (existing firm) maupun yang masih berada di luar industri (perusahaan potensial).Oleh karena itu, untuk menahan calon perusahaan agar tidak masuk ke dalam industri, perusahaan yang sudah ada mengadopsi strategi penetapan harga yang membatasi, yang membuat perusahaan menikmati keuntungan super normal di bawah tingkat maksimum.
Persaingan non-hargaPerusahaan tidak hanya bersaing pada harga, tetapi juga bersaing non-harga untuk mencapai kondisi ideal. Bentuk persaingan non harga antara lain layanan dan iklan untuk memberikan informasi, membentuk citra baik perusahaan dan merek, serta mempengaruhi perilaku konsumen.
Agar perusahaan dapat mencapai tingkat efisiensi yang tinggi, sangat penting untuk membuat keputusan investasi yang tepat. Dimungkinkan bagi perusahaan untuk melakukan kegiatan intelijen industri untuk memperoleh informasi (mengetahui) keadaan, kekuatan dan kelemahan pesaing nyata dan potensial. Agar bisnis dapat memprediksi bagaimana pesaing akan bertindak terhadap keputusan yang dibuat, informasi ini sangat penting.
Faktor Penyebab Terbentuknya Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli dibentuk oleh dua komponen penting, yaitu:Efisiensi Skala Besar
Di dunia nyata, bisnis dalam industri mobil, semen, kertas, pupuk, dan peralatan mesin biasanya berbentuk oligopoli. Teknologi padat modal yang dibutuhkan dalam proses produksi menyebabkan efisiensi (biaya rata-rata minimum) hanya dapat dicapai bila output diproduksi dalam skala yang sangat besar.Kompleksitas Manajemen
Berbeda dengan ketiga struktur pasar lainnya (persaingan sempurna, monopoli, dan persaingan monopolistik), struktur pasar oligopoli dicirikan oleh persaingan harga dan non-harga. Perusahaan juga harus mempertimbangkan dengan cermat setiap keputusan agar tidak menimbulkan reaksi bahwa kapasitas keuangan yang besar saja tidak cukup sebagai modal untuk bertahan dalam industri.Keunggulan dan Kekurangan Pasar Oligopoli
Keunggulan Struktur Pasar Oligopoli
- Oligopoli Industri oligopoli biasanya melakukan inovasi dan penerapan teknologi baru paling cepat.
- Didorong untuk bersaing menemukan proses produksi baru dan menekan biaya produksi.
- Lebih mampu memberikan dana untuk penelitian dan pengembangan.
Kekurangan Struktur Pasar Oligopoli
- Produsen menikmati keuntungan yang berlebihan.
- Tidak efisiensi produksi karena masing-masing produsen tidak beroperasi pada biaya rata-rata minimum
- Kemungkinan eksploitasi konsumen dan pekerja
- Terjadi kenaikan harga (inflasi) yang merugikan masyarakat secara makro
Terimakasih Semoga Bermanfaat !!